Wednesday, July 3, 2013

GANGGUAN KOGNITIF ( DEMENTIA )





GANGGUAN KOGNITIF
( DEMENTIA )
logo
 


SEKOLAH TINGGI KESEHATAN (STIKES) MATARAM
TAHUN AJARAN 2012/2013

KATA PENGANTAR
            Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat ALLAH SWT, karena atas rahmat-Nya yang telah diberikan pada kami, sehingga makalah “Dementia” ini dapat disusun dengan cermat dan dapat diselesaikan pada waktunya. Tidak lupa pula, dalam kesempatan ini, kami mengucapkan banyak terima kasih pada teman-teman yang membantu penyusunan makalah ini dan terutama kami ucapkan terima kasih pada dosen fasilitator yang telah memberikan kami waktu untuk menyelesaikan makalah ini agar persentasi dapat dilakukan dengan optimal nantinya.
            Kami penyusun, menyadari bahwa penulisan makalah ini tidak jauh dari kesalahan serta kekurangan, dan kami akan berusaha memperbaikinya untuk proses pembelajaran kami. Dan tentunya, kami mengharapkan saran dan kritik yang membangun, agar kami dapat memperbaiki kekurangan dan dapat lebih baik dalam menyusun makalah selanjutnya.
            Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga makalah yang kami susun dapat dimanfaatkan dengan optimal untuk menunjang kemandirian mahasiswa dalam proses pembelajaran.

Mataram ,27 Mei 2013


                                                                                                           Penyusun




BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Peningkatan dengan jumlah orang yang mencapai usia tua telah menjadi masalah besar bagi pelayanan psikiatri. Lebih banyak orang hidup sampai tua, dimana mereka berisiko untuk demensia serta lebih sedikit orang muda ada untuk merawatnya. Proses penuaan secara normal membawa perubahan mental maupun fisik. Penurunan intelektual mulai terlihat pada dewasa muda, dan semakin jelas pada usia tua. Kesulitan mengingat berbentuk lambatnya dan buruknya daya ingat, lupa senilis yang ringan biasanya lupa nama atau hal lain yang relative tidak penting. Penuaan juga melibatkan perubahan sosial dan psikologi.
Penuaan fisik dan pensiun dari pekerjaan menimbulkan penarikan diri bertahap dari masyarakat sejalan dengan itu terjadi penyempitan minat dan pandangan ketakmampuan menerima pemikiran baru, kecenderungan memikirkan hal yang lampau dan mempunyai pandangan konservatif.peruabahan ini semakin cepat pada orang tua yang menderita penyakit mental. Penyakit mental pada orang tua sangat bervariasi, maka terjadilah masalah besar, seperti masalah social dan ekonomi maupun medis yang muncul akibat demensia senilis dan demensia multi infark.penyakit ini sering terjadi bahkan meningkat karena populasi orang tua bertambah dan tidak tersedianya tindakan pencegahan atau pengobatan. Banyak orang tua yang menderita demensia juga menderita penyakit fisik penyerta lain. Lanjut usia atau lansia identik dengan demensia atau pikun dan perlu diketahui bahwa pikun bukanlah hal yang normal pada proses penuaan. Lansia dapat hidup normal tanpa mengalami berbagai gangguan memori dan perubahan tingkah laku seperti yang dialami oleh lansia dengan demensia.








B.  Rumusan Masalah

1.   Bagaimana konsep medis dari demensia?
2.    Bagaimana asuhan keperawatan dari demensia?

B. Tujuan

Berangkat dari rumusan masalah tersebut, maka tujuan penulisan ini adalah untuk:

1.      Tujuan Umum
a.   Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan asuhan keperawatan pada klien dengan demensia.
2.   Tujuan Khusus
a.   Untuk mengetahui konsep medis dari demensia
b.   Untuk mengetahui  asuhan keperawatan dari demensia

D. Manfaat
1.  Mahasiswa mampu memahami konsep dan asuhan keperawatan pada klien dengan demensia.
2.   Mahasiswa mengetahui asuhan keperawatan yang benar sehingga dapat menjadi bekal dalam persiapan praktik di rumah sakit.












BAB II
PEMBAHASAN

A.  Pengertian
Demensia merupakan sindroma yang ditandai oleh berbagai gangguan fungsi kognitif tanpa gangguan kesadaran.Demensia adalah gangguan kronis dengan awitan lambat dan biasanya berprognosis buruk. Demensia adalah keadaan dimana seseorang mengalami penurunan kemampuan daya ingat dan daya pikir dan kemampuan kemampun tersebut menimbulkan gangguan terhadap fungsi kehidupan sehari-hari.Demensia dikenal sebagai keadaan organik kronika atau sindroma otak kronika atau kegagalan otak.

B.  Epidemiologi
Laporan Departemen Kesehatan tahun 1998, populasi usia lanjut diatas 60 tahun adalah 7,2 % (populasi usia lanjut kurang lebih 15 juta). peningkatan angka kejadian kasus demensia berbanding lurus dengan meningkatnya harapan hidup suatu populasi . Kira-kira 5 % usia lanjut 65 – 70 tahun menderita demensia dan meningkat dua kali lipat setiap 5 tahun mencapai lebih 45 % pada usia diatas 85 tahun. Pada negara industri kasus demensia 0.5 –1.0 % dan di Amerika jumlah demensia pada usia lanjut 10 – 15% atau sekitar 3 – 4 juta orang.
Demensia terbagi menjadi dua yakni Demensia Alzheimer dan Demensia Vaskuler. Demensia Alzheimer merupakan kasus demensia terbanyak di negara maju Amerika dan Eropa sekitar 50-70%. Demensia vaskuler penyebab kedua sekitar 15-20% sisanya 15- 35% disebabkan demensia lainnya. Di Jepang dan Cina demensia vaskuler 50 – 60 % dan 30 – 40 % demensia akibat penyakit Alzheimer.

C.  Etiologi
Demensia disebabkan oleh :
a.  Kondisi akut yang tidak diobati atau tidak dapat disembuhkan, bila kondisi akut yang menyebabkan delirium atau tidak dapat diobati, terdapat kemungkinan bahwa kondisi ini akan menjadi kronik dan karenanya dapat dianggap sebagai demensia.
b.   Penyakit vaskular, seperti hipertensi, arteriosklerosis, dan ateroklerosis dapat menyebabkan stroke.
c.   Penyakit Parkinson: demensia menyerang 40% dari pasien-pasien ini.
d.   Penyakit prion ( Protein yang terdapat dalam proses infeksi penyakit Creutzfeldt-Jakob).
e.   Infeksi human imuno defesiensi virus (HIV) dapat menyerang system saraf pusat, menyebabkan ensefalopati HIV atau komlek demensia AIDS.
f.   Gangguan struktur jaringan otak, seperti tekanan normal hidrosefalus dan cedera akibat trauma kepala

D.  Patofisiologi
Penyakit Alzheimer mengakibatkan sedikitnya dua per tiga kasus demensia. Penyebab spesifik penyakit Alzheimer belum diketahui, meskipun tampaknya genetika berperan dalam hal itu. Teori-teori lain yang pernah popular, tetapi saat ini kurang mendukung, antara lain adalah efek toksik dari aluminium, virus yang berkembang perlahan sehingga menimbulkan respon atau imun, atau defisiensi biokimia. Dr. Alois Alzheimer pertama kali mendeskripsikan dua jenis struktur abnormal yang ditemukan pada otak mayat yang menderita penyakit Alzheimer:plak amiloid dan kekusutan neurofibril trdapat juga penurunan neurotransmitter tertentu, terutama asetilkolin. Area otak yang terkena penyakit Alzheimer terutama adalah korteks serebri dan hipokampus, keduanya merupakan bagian penting dalam fungsi kognitif dan memori.

Amiloid menyebabkan rusaknya jaringan otak. Plak amiloid berasal dari protei yang lebih besar, protein precursor amiloid (amyloid precursor protein[APP]). Keluarga-keluarga dngan awitan dini penyakit Alzheimer yang tampak sebagaisesuatu yang diturunkan telah menjalani penelitian, dan beberapa diantaranya mengalami mutasi pada gen APP-nya. Mutasi genAPP lainnya yang berkaitan dengan awitan lambat AD dan penyakit serebrovaskular juga telah diidentifikasi. Terdapat peningkatan risiko awitan lambat penyakit Alzheimer dengan menurunnya alel apo E4 pada kromosom 19. Simpul neurofibriler adalah sekumpulan serat-serat sel saraf yang saling berpilin,yang disebut pasangan filamen heliks. Peran spesifik dari simpul tersebut pada penyakit ini sedang diteliti. Asetilkolin dan neurotransmiter merupakan zat kimia yang diperlukan untuk mengirim pesan melewati system saraf. Deficit neurotransmiter menyebabkan pemecahan proses komunikasi yang kompleks di antara sel-sel pada system saraf. Tau dalah protein dalam cairan srebrospinal yang jumlahnya sudah meningkat sekalipun pada penyakit Alzheimer tahap awal. Temuan-temuan yang ada menunjukan bahwa penyakit Alzheimer dapat bermula di tingkat selular, dengan atau menjadi penanda molecular di sel-sel tersebut.
Demensia multi-infark adalah penyebab demensia kedua yang paling banyak terjadi. Pasien-pasien yang menderita penyakit serebrovaskular yang seperti namanya, berkembang menjadi infark multiple di otak. Namun, tidak semua orang yang menderita infark serebral multiple mengalami demensia. Dalam perbandingannya dengan penderita penyakit Alzheimer, orang-orang dengan demensia multi infark mengalami awitan penyakit yang tiba-tiba, lebih dari sekedar deteriorasi linear pada kognisi dan fungsi, dan dapat menunjukan beberapa perbaikan di antara peristiwa-peristiwa serebrovaskular.

E.  Klasifikasi
1.      Menurut umur:
a.  Demensia senilis yaitu demensia yang terjadi pada usia > 65 tahun.
b.  Demensia prasenilis yaitu demensia yang terjadi pada usia < 65 tahun.
2.      Menurut perjalanan penyakit:
a.  Reversibel
b.  Irreversibel ( normal pressure hidrosefalus, subdural hematoma, vitamin B defesiensi, hipotiroidisme, intoksikasi PB).
3.      Menurut kerusakan struktur otak:
a.   Demensia tipe Alzheimer
Alzheimer adalah penurunan konsentrasi asetilkolin dan kolin asetil transferase didalam otak dan merupakan penyakit degenerative akibat kematian sel-sel otak dan umumnya menyebabkan kemunduran fungsi intelektual atau kognitif, yang meliputi kemunduran daya mengingat dan proses berfikir.prilaku yang dialami demensia ini adalah mudah lupa atau pikun. Walaupun pennyebab demensia tipe Alzheimer belum diketahui secara pasti, beberapa penelitian telah menyatakan bahwa sebanyak 40 % pasien mempunyai riwayat keluarga menderita demensia tipe Alzheimer sehingga faktor genetik sangat dianggap berperan dalam perkembangan gangguan didalam sekurangnya beberapa kasus.
b.   Demensia non Alzheimer
c.   Demensia vascular
Penyebab utama dari demensia vaskular adalah penyakit vaskular cerebral yang multipel yang menyebabkan suatu pola gejala demensia, yang biasanya juga disebut demensia multi infark. Demensia vascular ini sering terjadi pada laki-laki khususnya pada mereka dengan hipertensi yang telah ada sebelumnya atau factor resiko kardiovaskuler lainnya.
d.   Demensia Jisim Lewy (Lewy Body Dementia)
e.   Demensia Lobus frontal temporal
f.   Demensia terkait dengan HIV-AIDS
g.   Morbus Parkinson
h.   Morbus Hungtington
i.    Morbus Pick
j.    Morbus Jakob-Creutzfeldt
k.   Sindrom Gerstmann-Straussler-Scheinker
l.    Prion disease
m.  Palsi Supranuklear progresif
n.   Multiple sklerosis
o.   Neurosifilis
p.   Tipe campuran
4.  Menurut sifat klinis:
a.   Demensia propius
b.   Pseudo-demensia

F. Manifestasi Klinik
Secara umum tanda dan gejala demensia adalah sbb:
a. gangguan daya ingat
b. Perubahan kepribadian
c. Orientasi
d. Gangguan bahasa
e. Psikosis
f. Mudah tersinggung, bermusuhan
g. Gangguan lain: Psikiatrik, Neurologis, Reaksi Katastropik, Sindroma Sundowner
h. Kesulitan mengatur penggunaan keuangan
i. Tidak bisa pulang kerumah jika berpergian
j. Perilaku yang inadekuat
k. Rasa takut
l. Curiga
m. Mudah tersinggung
n. Agitatif
o. Hiperaktif
p. Siaga tinggi ( hyperalet )

G.  Pemeriksaan Penunjang
     Diagnosis demensia ditegakkan berdasarkan penilaian menyeluruh, dengan memperhatikan usia penderita, riwayat keluarga, awal dan perkembangan gejala serta adanya penyakit lain (misalnya tekanan darah tinggi atau kencing manis).
1.     Dilakukan pemeriksaan kimia darah standar. Pemeriksaan CT scan dan MRI dimaksudkan untuk menentukan adanya tumor, hidrosefalus atau stroke.
2.     Otopsi otak, yang menunjukkan banyaknya sel saraf yang hilang. Sel yang tersisa tampak semrawut dan di seluruh jaringan otak tersebar plak yang terdiri dari amiloid (sejenis protein abnormal).
3.    Metode diagnostik yang digunakan untuk mendiagnosis penyakit ini adalah pemeriksaan pungsi lumbal dan PET (positron emission tomography), yang merupakan pemerisaan skening otak khusus.
4.    Antibodi: kadar cukup tinggi (abnormal)
5.   JDL, RPR, Eletrolit, Pemeriksaan tiroid: dapat menentukan dan menghilangkan disfungsi yang dapat di obati/kambuh kembali, seperti proses penyakit metabolic, ketidakseimbangan cairan dan eletrolit, neurosifilis
6.    B12: dapat menentukan secara nyata adanya kekurangan nutrisi
7.    Tes deksamentason depresan (DST): utnuk menangani depresi
8.    EKG: mungkin tanpak normal, perlu untuk menentukan adanya insufisiensi jantung
9.    EEG: mungkin normal atau memperlihatkan beberapa gelombang (membantu dalam menciptakan kelainan kotak yang masih dapat diatasi)
10.  Sinar X tengkorak: biasanya normal
11.  Tes penglihatan atau pendengaran: untuk menemukan adanya penurunan (kehilangan) yang mungkin disebabkan oleh/kontribusi pada disorientasi, alam perasaan yang melayang, perubahan persepsi sensori (salah satu dari gangguan kognitif)
12.  Scans otak, seperti PET, BEAM, MRI: dapat memperlihatkan daerah otak yang mengalami penurunan metabolism yang merupakan karakteristik dari DAT.
13.  Scan CT: dapat memperlihatkan adanya ventrikel otak yang melebar, adanya atrofik kortikal
14.   CCS: munculnya protein abnormal dari sel otak sekitar 90% merupakan indikasi adanya DAT.

H.  Penatalaksanaan
1.   Cholinergic-enhancing agents
Untuk terapi demensia jenis Alzheimer, telah banyak dilakukan penelitian. Pemberian cholinergic-enhancing agents menunjukkan hasil yang lumayan pada beberapa penderita; namun demikian secara keseluruhan tidak menunjukkan keberhasilan sama sekali. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa demensia alzheimerntidak semata-mata disebabkan oleh defisiensi kolinergik; demensia ini juga disebabkan oleh defisiensi neurotransmitter lainnya. Sementara itu, kombinasi kolinergik dan noradrenergic ternyata bersifat kompleks; pemberian obat kombinasi ini harus hati-hati karena dapat terjadi interaksi yang mengganggu sistem kardiovaskular.
2.   Cholinedan lecithin
Defisit asetilkolin di korteks dan hipokampus pada demensia Alzheimer dan hipotesis tentang sebab dan hubungannya dengan memori mendorong peneliti untuk mengarahkan perhatiannya pada neurotransmitter. Pemberian prekursor, cholinedan lecithin merupakan salah satu pilihan dan memberi hasil lumayan, namun demikian tidak memperlihatkan hal yang istimewa. Dengancholine ada sedikit perbaikan terutama dalam fungsi verbal dan visual. Denganlecith in hasilnya cenderung negatif, walaupun dengan dosis yang berlebih sehingga kadar dalam serum mencapai 120 persen dan dalam cairan serebrospinal naik sampai 58 persen.
3.   Neuropeptide, vasopressin dan ACTH
Pemberian neuropetida, vasopressin dan ACTH perlu memperoleh perhatian. Neuropeptida dapat memperbaiki daya ingat semantik yang berkaitan dengan informasi dan kata-kata. Pada lansia tanpa gangguan psiko-organik, pemberian ACTH dapat memperbaiki daya konsentrasi dan memperbaiki keadaan umum.
4.   Nootropic agents
Dari golongan nootropic substances ada dua jenis obat yang sering digunakan dalam terapi demensia, ialahnicer goline dan co-dergocrine mesylate. Keduanya berpengaruh terhadap katekolamin. Co-dergocrine mesylate memperbaiki perfusi serebral dengan cara mengurangi tahanan vaskular dan meningkatkan konsumsi oksigen otak. Obat ini memperbaiki perilaku, aktivitas, dan mengurangi bingung, serta memperbaiki kognisi. Disisi lain,nicergoline tampak bermanfaat untuk memperbaiki perasaan hati dan perilaku.

5.   Dihydropyridine
Pada lansia dengan perubahan mikrovaskular dan neuronal, L-type calcium channels menunjukkan pengaruh yang kuat. Lipophilic dihydropyridine bermanfaat untuk mengatasi kerusakan susunan saraf pusat pada lansia. Nimodipin bermanfaat untuk mengembalikan fungsi kognitif yang menurun pada lansia dan demensia jenis Alzheimer. Nimodipin memelihara sel-sel endothelial/kondisi mikrovaskular tanpa dampak hipotensif; dengan demikian sangat dianjurkan sebagai terapi alternatif untuk lansia terutama yang mengidap hipertensi esensial.

I.  Pencegahan dan Perawatan
        Hal yang dapat kita lakukan untuk menurunkan resiko terjadinya demensia diantaranya adalah menjaga ketajaman daya ingat dan senantiasa mengoptimalkan fungsi otak, seperti :
1.        Mencegah masuknya zat-zat yang dapat merusak sel-sel otak seperti alkohol dan zat adiktif yang berlebihan
2.        Membaca buku yang merangsang otak untuk berpikir hendaknya dilakukan setiap hari.
3.        Melakukan kegiatan yang dapat membuat mental kita sehat dan aktif
·         Kegiatan rohani & memperdalam ilmu agama.
·         Tetap berinteraksi dengan lingkungan, berkumpul dengan teman yang memiliki persamaan minat atau hobi
4.  Mengurangi stress dalam pekerjaan dan berusaha untuk tetap relaks dalam  kehidupan sehari-hari dapat membuat otak kita tetap sehat.
BAB III
ASUHAN KEPERAWATAN

A. PENGKAJIAN
  1. Identitas
Identitas klien meliputi nama, umur, jenis kelamin, suku bangsa/latar belakang kebudayaan, status sipil, pendidikan, pekerjaan dan alamat.
  1. Keluhan utama
Keluhan utama atau sebab utama yang menyebbkan klien datang berobat (menurut klien dan atau keluarga). Gejala utama adalah kesadaran menurun.
  1. Faktor predisposisi
Menemukan gangguan jiwa yang ada sebagai dasar pembuatan diagnosis serta menentukan tingkat gangguan serta menggambarkan struktur kepribadian yang mungkin dapat menerangkan riwayat dan perkembangan gangguan jiwa yang terdapat. Dari gejala-gejala psikiatrik tidak dapat diketahui etiologi penyakit badaniah itu, tetapi perlu dilakukan pemeriksaan intern dan nerologik yang teliti. Gejala tersebut lebih ditentukan oleh keadaan jiwa premorbidnya, mekanisme pembelaaan psikologiknya, keadaan psikososial, sifat bantuan dari keluarga, teman dan petugas kesehatan, struktur sosial serta ciri-ciri kebudayaan sekelilingnya. Gangguan jiwa yang psikotik atau nonpsikotik yang disebabkan oleh gangguan jaringan fungsi otak. Gangguan fungsi jaringan otak ini dapat disebabkan oleh penyakit badaniah yang terutama mengenai otak (meningoensephalitis, gangguan pembuluh darah ootak, tumur otak dan sebagainya) atau yang terutama di luar otak atau tengkorak (tifus, endometriasis, payah jantung, toxemia kehamilan, intoksikasi dan sebagainya).
  1. Pemeriksaan fisik
Kesadran yang menurun dan sesudahnya terdapat amnesia. Tensi menurun, takikardia, febris, BB menurun karena nafsu makan yang menurun dan tidak mau makan.
5.   Psikososial
a.       Genogram Dari hasil penelitian ditemukan kembar monozigot memberi pengaruh lebih tinggi dari kembar dizigot .

2.    Diagnosa Keperawatan
a.       Perubahan proses pikir
b.      kemunduran daya ingat
c.       Resiko jatuh
d.      Resiko nutrisi/cairan kurang dari kebutuhan tubuh
e.      Penatalaksanaan regimen terapiotik tidak efektif




















3.    Intervensi
DX Perubahan  Proses Pikir.
Tangal/jam
TUM
TUK
Intervensi

Klien tidak mengalami gangguan proses pikir.
Tuk 1.
Setelah di lakukan pertemuan selama 4X15 menit selama 6 jam, di harapakan klien dapat membina hubungan saling percaya dengan kreteria hasil :
Klien menunjukan rasa senang ekpresi wajah bersahabat mau berjabat tangan ada kontak mata, mau berjabat tangan, mau dudk berdampingan



Tuk 2.
Setelah dilakukan pertemuan 2X15 menit selama 6 jam dalam 1 pekan klien mampu mengenal/berorientasi terhadap waktu orang dan tempat dengan kreteria hasil: klien mamapu menyabutkan mana orang yang ada di sekitarnya, klien mampu menyabutkan hari dan tempat yang di kunjunginya.








Tuk3.
Setelah dilakukan pertemuan 2X15 menit selama 6 jam dalam 1 pekan Pasien mampu melakukan aktiftas sehari-hari secara optimal dengan keteria hasil pasien mampu memenuhi kebutuhan sehari-harinya secara mandiri.









Tuk 4.
Setelah dilakukan pertemuan 2X15 menit selama 2 hari Keluarga mampu mengorientasikan pasien terhadap waktu, orang dan tempat dengan kriteria hasil keluarga mampu memberi pengarakan yang tepat tentang waktu dan tempat serta orang di sekitarnya dan keluarga mampu memberikan sikap yang terapeutuk pada klien













Tuk 5.
Setelah dilakukan pertemuan 2X15 menit selama 1 pekan keluarga dapat Menyediakan sarana yang dibutuhkan pasien untuk melakukan orientasi realitas dengan kriteria hasil: klien padat /mampu hal-hal atau sesuatu yang pernah atau sedang di alaminya



Tuk 6.
Setelah dilakukan pertemuan 2X15 menit selama 1 pekan keluarga mampu Membantu pasien dalam melakukan aktiftas sehari-hari. keluarga mampu mendampingi klien dalam beraktifitas dan membimbing klien dengan baik.
Tuk 1.
a.Sapa klein dengan baik verbal maupun non verbal.
b.perkenalkan diri dengan sopan
c.jelaskan tujuan pertemuan
d.jujur dan menepati janji
e. tunjukan sifat empati dan menerima klien deangan apa adanya
f. berikan perhatian kepada klien dan perhatikan kebutuhan dasar.







Tuk 2.
a.       Beri kesempatan bagi pasien untuk mengenal barang milik pribadinya misalnya
tempat tidur, lemari, pakaian dll.
b.      Beri kesempatan kepada pasien untuk mengenal waktu dengan menggunakan
jam besar, kalender yang mempunyai lembar perhari dengan tulisan besar.
c.       Beri kesempatan kepada pasien untuk menyebutkan namanya dan anggota
keluarga terdekat
d.      Beri kesempatan kepada klien untuk mengenal dimana dia berada.
Berikan pujian jika pasien bila pasien dapat menjawab dengan benar



Tuk 3.
e.       Observasi kemampuan pasien untuk melakukan aktifitas sehari-hari
f.       Beri kesempatan kepada pasien untuk memilih aktifitas yang dapat dilakukannya.
g.      Bantu pasien untuk melakukan kegiatan yang telah dipilihnya
h.      Beri pujian jika pasien dapat melakukan kegiatannya.
i.        Tanyakan perasaan pasien jika mampu melakukan kegiatannya.
j.        Bersama pasien membuat jadwal kegiatan sehari-hari.






Tuk 4.
a.       Keluarga mampu mengorientasikan pasien terhadap waktu, orang dan tempat
b.      Diskusikan dengan keluarga cara-cara mengorientasikan waktu, orang dan tempat
pada pasien
c.       Anjurkan keluarga untuk menyediakan jam besar, kalender dengan tulisan besar
d.      Diskusikan dengan keluarga kemampuan yang pernah dimiliki pasien
e.       Anjurkan kepada keluarga untuk memberikan pujian terhadap kemampuan yang masih dimiliki oleh pasien
f.       Anjurkan keluarga untuk memantau kegiatan sehari-hari pasien sesuai dengan jadwal yang telah dibuat.
g.      Anjurkan keluarga memberikan pujian jika pasien melakukan kegiatan sesuai dengan jadwal kegiatan yang sudah dibuat

Tuk 5.
h.      Menyediakan sarana yang dibutuhkan pasien untuk melakukan orientasi.
i.        Anjurkan keluarga untuk membantu pasien melakukan kegiatan sesuai kemampuan yang dimiliki.



Tuk 6.
j.        Membantu pasien dalam melakukan aktiftas sehari-hari.
k.      Anjurkan keluarga untuk memantu lansia melakukan kegiatan sesuai kemampuan
yang dimiliki
l.        Bantu keluarga memilih kemampuan yang dilakukan pasien saat ini



4.      Implementasi
Implementasi disesuaikan dengan intervensi

5.        Evaluasi
a.       Pasien dapat membina hubungan saling percaya.
b.      Pasien mampu mengenal/berorientasi terhadap waktu orang dan tempat.
c.       Pasien mampu meklakukan aktiftas sehari-hari secara optimal.
d.      Keluarga mampu mengorientasikan pasien terhadap waktu, orang dan tempat.
e.       Tersedianya sarana yang dibutuhkan pasien untuk melakukan orientasi realitas.
f.       Terbantunya pasien dalam melakukan aktiftas sehari-hari.















BAB IV
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Demensia merupakan sindroma yang ditandai oleh berbagai gangguan fungsi kognitif tanpa gangguan kesadaran.Demensia adalah gangguan kronis dengan awitan lambat dan biasanya berprognosis buruk. Demensia adalah keadaan dimana seseorang mengalami penurunan kemampuan daya ingat dan daya ingat dan daya pikir dan kemampuan kemampun tersebut menimbulkan gangguan terhadap fungsi kehidupan sehari-hari.Demensia dikenal sebagai keadaan organik kronika atau sindroma otak kronika atau kegagalan otak.
Laporan Departemen Kesehatan tahun 1998, populasi usia lanjut diatas 60 tahun adalah 7,2 % (populasi usia lanjut kurang lebih 15 juta). peningkatan angka kejadian kasus demensia berbanding lurus dengan meningkatnya harapan hidup suatu populasi . Kira-kira 5 % usia lanjut 65 – 70 tahun menderita demensia dan meningkat dua kali lipat setiap 5 tahun mencapai lebih 45 % pada usia diatas 85 tahun. Pada negara industri kasus demensia 0.5 –1.0 % dan di Amerika jumlah demensia pada usia lanjut 10 – 15% atau sekitar 3 – 4 juta orang.
Demensia terbagi menjadi dua yakni Demensia Alzheimer dan Demensia Vaskuler. Demensia Alzheimer merupakan kasus demensia terbanyak di negara maju Amerika dan Eropa sekitar 50-70%. Demensia vaskuler penyebab kedua sekitar 15-20% sisanya 15- 35% disebabkan demensia lainnya. Di Jepang dan Cina demensia vaskuler 50 – 60 % dan 30 – 40 % demensia akibat penyakit Alzheimer.

B.       Saran
Sebaiknya dalam pembuatan Askep lebih sering diberikan seperti ini agar kami selaku mahasiswa lebih proaktif  dan lebih mandiri pada penemuan ilmu-ilmu keperawatan.




DAFTAR PUSTAKA
1.       Kaplan dan Sadock. 1997. Sinopsis psikistri. Jakarta: Bina rupa aksara.
2.       Isaacs, Ann. 2004. Keperawatan kesehatan jiwadan psikiatrik. Jakarta: EGC.
3.       Hudak, Carolyn M. 1997. Keparawatan kritis : pendekatan holistic. Jakarta: EGC
logo
 


SEKOLAH TINGGI KESEHATAN (STIKES) MATARAM
TAHUN AJARAN 2012/2013

KATA PENGANTAR
            Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat ALLAH SWT, karena atas rahmat-Nya yang telah diberikan pada kami, sehingga makalah “Dementia” ini dapat disusun dengan cermat dan dapat diselesaikan pada waktunya. Tidak lupa pula, dalam kesempatan ini, kami mengucapkan banyak terima kasih pada teman-teman yang membantu penyusunan makalah ini dan terutama kami ucapkan terima kasih pada dosen fasilitator yang telah memberikan kami waktu untuk menyelesaikan makalah ini agar persentasi dapat dilakukan dengan optimal nantinya.
            Kami penyusun, menyadari bahwa penulisan makalah ini tidak jauh dari kesalahan serta kekurangan, dan kami akan berusaha memperbaikinya untuk proses pembelajaran kami. Dan tentunya, kami mengharapkan saran dan kritik yang membangun, agar kami dapat memperbaiki kekurangan dan dapat lebih baik dalam menyusun makalah selanjutnya.
            Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga makalah yang kami susun dapat dimanfaatkan dengan optimal untuk menunjang kemandirian mahasiswa dalam proses pembelajaran.

Mataram ,27 Mei 2013


                                                                                                           Penyusun




BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Peningkatan dengan jumlah orang yang mencapai usia tua telah menjadi masalah besar bagi pelayanan psikiatri. Lebih banyak orang hidup sampai tua, dimana mereka berisiko untuk demensia serta lebih sedikit orang muda ada untuk merawatnya. Proses penuaan secara normal membawa perubahan mental maupun fisik. Penurunan intelektual mulai terlihat pada dewasa muda, dan semakin jelas pada usia tua. Kesulitan mengingat berbentuk lambatnya dan buruknya daya ingat, lupa senilis yang ringan biasanya lupa nama atau hal lain yang relative tidak penting. Penuaan juga melibatkan perubahan sosial dan psikologi.
Penuaan fisik dan pensiun dari pekerjaan menimbulkan penarikan diri bertahap dari masyarakat sejalan dengan itu terjadi penyempitan minat dan pandangan ketakmampuan menerima pemikiran baru, kecenderungan memikirkan hal yang lampau dan mempunyai pandangan konservatif.peruabahan ini semakin cepat pada orang tua yang menderita penyakit mental. Penyakit mental pada orang tua sangat bervariasi, maka terjadilah masalah besar, seperti masalah social dan ekonomi maupun medis yang muncul akibat demensia senilis dan demensia multi infark.penyakit ini sering terjadi bahkan meningkat karena populasi orang tua bertambah dan tidak tersedianya tindakan pencegahan atau pengobatan. Banyak orang tua yang menderita demensia juga menderita penyakit fisik penyerta lain. Lanjut usia atau lansia identik dengan demensia atau pikun dan perlu diketahui bahwa pikun bukanlah hal yang normal pada proses penuaan. Lansia dapat hidup normal tanpa mengalami berbagai gangguan memori dan perubahan tingkah laku seperti yang dialami oleh lansia dengan demensia.








B.  Rumusan Masalah

1.   Bagaimana konsep medis dari demensia?
2.    Bagaimana asuhan keperawatan dari demensia?

B. Tujuan

Berangkat dari rumusan masalah tersebut, maka tujuan penulisan ini adalah untuk:

1.      Tujuan Umum
a.   Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan asuhan keperawatan pada klien dengan demensia.
2.   Tujuan Khusus
a.   Untuk mengetahui konsep medis dari demensia
b.   Untuk mengetahui  asuhan keperawatan dari demensia

D. Manfaat
1.  Mahasiswa mampu memahami konsep dan asuhan keperawatan pada klien dengan demensia.
2.   Mahasiswa mengetahui asuhan keperawatan yang benar sehingga dapat menjadi bekal dalam persiapan praktik di rumah sakit.












BAB II
PEMBAHASAN

A.  Pengertian
Demensia merupakan sindroma yang ditandai oleh berbagai gangguan fungsi kognitif tanpa gangguan kesadaran.Demensia adalah gangguan kronis dengan awitan lambat dan biasanya berprognosis buruk. Demensia adalah keadaan dimana seseorang mengalami penurunan kemampuan daya ingat dan daya pikir dan kemampuan kemampun tersebut menimbulkan gangguan terhadap fungsi kehidupan sehari-hari.Demensia dikenal sebagai keadaan organik kronika atau sindroma otak kronika atau kegagalan otak.

B.  Epidemiologi
Laporan Departemen Kesehatan tahun 1998, populasi usia lanjut diatas 60 tahun adalah 7,2 % (populasi usia lanjut kurang lebih 15 juta). peningkatan angka kejadian kasus demensia berbanding lurus dengan meningkatnya harapan hidup suatu populasi . Kira-kira 5 % usia lanjut 65 – 70 tahun menderita demensia dan meningkat dua kali lipat setiap 5 tahun mencapai lebih 45 % pada usia diatas 85 tahun. Pada negara industri kasus demensia 0.5 –1.0 % dan di Amerika jumlah demensia pada usia lanjut 10 – 15% atau sekitar 3 – 4 juta orang.
Demensia terbagi menjadi dua yakni Demensia Alzheimer dan Demensia Vaskuler. Demensia Alzheimer merupakan kasus demensia terbanyak di negara maju Amerika dan Eropa sekitar 50-70%. Demensia vaskuler penyebab kedua sekitar 15-20% sisanya 15- 35% disebabkan demensia lainnya. Di Jepang dan Cina demensia vaskuler 50 – 60 % dan 30 – 40 % demensia akibat penyakit Alzheimer.

C.  Etiologi
Demensia disebabkan oleh :
a.  Kondisi akut yang tidak diobati atau tidak dapat disembuhkan, bila kondisi akut yang menyebabkan delirium atau tidak dapat diobati, terdapat kemungkinan bahwa kondisi ini akan menjadi kronik dan karenanya dapat dianggap sebagai demensia.
b.   Penyakit vaskular, seperti hipertensi, arteriosklerosis, dan ateroklerosis dapat menyebabkan stroke.
c.   Penyakit Parkinson: demensia menyerang 40% dari pasien-pasien ini.
d.   Penyakit prion ( Protein yang terdapat dalam proses infeksi penyakit Creutzfeldt-Jakob).
e.   Infeksi human imuno defesiensi virus (HIV) dapat menyerang system saraf pusat, menyebabkan ensefalopati HIV atau komlek demensia AIDS.
f.   Gangguan struktur jaringan otak, seperti tekanan normal hidrosefalus dan cedera akibat trauma kepala

D.  Patofisiologi
Penyakit Alzheimer mengakibatkan sedikitnya dua per tiga kasus demensia. Penyebab spesifik penyakit Alzheimer belum diketahui, meskipun tampaknya genetika berperan dalam hal itu. Teori-teori lain yang pernah popular, tetapi saat ini kurang mendukung, antara lain adalah efek toksik dari aluminium, virus yang berkembang perlahan sehingga menimbulkan respon atau imun, atau defisiensi biokimia. Dr. Alois Alzheimer pertama kali mendeskripsikan dua jenis struktur abnormal yang ditemukan pada otak mayat yang menderita penyakit Alzheimer:plak amiloid dan kekusutan neurofibril trdapat juga penurunan neurotransmitter tertentu, terutama asetilkolin. Area otak yang terkena penyakit Alzheimer terutama adalah korteks serebri dan hipokampus, keduanya merupakan bagian penting dalam fungsi kognitif dan memori.

Amiloid menyebabkan rusaknya jaringan otak. Plak amiloid berasal dari protei yang lebih besar, protein precursor amiloid (amyloid precursor protein[APP]). Keluarga-keluarga dngan awitan dini penyakit Alzheimer yang tampak sebagaisesuatu yang diturunkan telah menjalani penelitian, dan beberapa diantaranya mengalami mutasi pada gen APP-nya. Mutasi genAPP lainnya yang berkaitan dengan awitan lambat AD dan penyakit serebrovaskular juga telah diidentifikasi. Terdapat peningkatan risiko awitan lambat penyakit Alzheimer dengan menurunnya alel apo E4 pada kromosom 19. Simpul neurofibriler adalah sekumpulan serat-serat sel saraf yang saling berpilin,yang disebut pasangan filamen heliks. Peran spesifik dari simpul tersebut pada penyakit ini sedang diteliti. Asetilkolin dan neurotransmiter merupakan zat kimia yang diperlukan untuk mengirim pesan melewati system saraf. Deficit neurotransmiter menyebabkan pemecahan proses komunikasi yang kompleks di antara sel-sel pada system saraf. Tau dalah protein dalam cairan srebrospinal yang jumlahnya sudah meningkat sekalipun pada penyakit Alzheimer tahap awal. Temuan-temuan yang ada menunjukan bahwa penyakit Alzheimer dapat bermula di tingkat selular, dengan atau menjadi penanda molecular di sel-sel tersebut.
Demensia multi-infark adalah penyebab demensia kedua yang paling banyak terjadi. Pasien-pasien yang menderita penyakit serebrovaskular yang seperti namanya, berkembang menjadi infark multiple di otak. Namun, tidak semua orang yang menderita infark serebral multiple mengalami demensia. Dalam perbandingannya dengan penderita penyakit Alzheimer, orang-orang dengan demensia multi infark mengalami awitan penyakit yang tiba-tiba, lebih dari sekedar deteriorasi linear pada kognisi dan fungsi, dan dapat menunjukan beberapa perbaikan di antara peristiwa-peristiwa serebrovaskular.

E.  Klasifikasi
1.      Menurut umur:
a.  Demensia senilis yaitu demensia yang terjadi pada usia > 65 tahun.
b.  Demensia prasenilis yaitu demensia yang terjadi pada usia < 65 tahun.
2.      Menurut perjalanan penyakit:
a.  Reversibel
b.  Irreversibel ( normal pressure hidrosefalus, subdural hematoma, vitamin B defesiensi, hipotiroidisme, intoksikasi PB).
3.      Menurut kerusakan struktur otak:
a.   Demensia tipe Alzheimer
Alzheimer adalah penurunan konsentrasi asetilkolin dan kolin asetil transferase didalam otak dan merupakan penyakit degenerative akibat kematian sel-sel otak dan umumnya menyebabkan kemunduran fungsi intelektual atau kognitif, yang meliputi kemunduran daya mengingat dan proses berfikir.prilaku yang dialami demensia ini adalah mudah lupa atau pikun. Walaupun pennyebab demensia tipe Alzheimer belum diketahui secara pasti, beberapa penelitian telah menyatakan bahwa sebanyak 40 % pasien mempunyai riwayat keluarga menderita demensia tipe Alzheimer sehingga faktor genetik sangat dianggap berperan dalam perkembangan gangguan didalam sekurangnya beberapa kasus.
b.   Demensia non Alzheimer
c.   Demensia vascular
Penyebab utama dari demensia vaskular adalah penyakit vaskular cerebral yang multipel yang menyebabkan suatu pola gejala demensia, yang biasanya juga disebut demensia multi infark. Demensia vascular ini sering terjadi pada laki-laki khususnya pada mereka dengan hipertensi yang telah ada sebelumnya atau factor resiko kardiovaskuler lainnya.
d.   Demensia Jisim Lewy (Lewy Body Dementia)
e.   Demensia Lobus frontal temporal
f.   Demensia terkait dengan HIV-AIDS
g.   Morbus Parkinson
h.   Morbus Hungtington
i.    Morbus Pick
j.    Morbus Jakob-Creutzfeldt
k.   Sindrom Gerstmann-Straussler-Scheinker
l.    Prion disease
m.  Palsi Supranuklear progresif
n.   Multiple sklerosis
o.   Neurosifilis
p.   Tipe campuran
4.  Menurut sifat klinis:
a.   Demensia propius
b.   Pseudo-demensia

F. Manifestasi Klinik
Secara umum tanda dan gejala demensia adalah sbb:
a. gangguan daya ingat
b. Perubahan kepribadian
c. Orientasi
d. Gangguan bahasa
e. Psikosis
f. Mudah tersinggung, bermusuhan
g. Gangguan lain: Psikiatrik, Neurologis, Reaksi Katastropik, Sindroma Sundowner
h. Kesulitan mengatur penggunaan keuangan
i. Tidak bisa pulang kerumah jika berpergian
j. Perilaku yang inadekuat
k. Rasa takut
l. Curiga
m. Mudah tersinggung
n. Agitatif
o. Hiperaktif
p. Siaga tinggi ( hyperalet )

G.  Pemeriksaan Penunjang
     Diagnosis demensia ditegakkan berdasarkan penilaian menyeluruh, dengan memperhatikan usia penderita, riwayat keluarga, awal dan perkembangan gejala serta adanya penyakit lain (misalnya tekanan darah tinggi atau kencing manis).
1.     Dilakukan pemeriksaan kimia darah standar. Pemeriksaan CT scan dan MRI dimaksudkan untuk menentukan adanya tumor, hidrosefalus atau stroke.
2.     Otopsi otak, yang menunjukkan banyaknya sel saraf yang hilang. Sel yang tersisa tampak semrawut dan di seluruh jaringan otak tersebar plak yang terdiri dari amiloid (sejenis protein abnormal).
3.    Metode diagnostik yang digunakan untuk mendiagnosis penyakit ini adalah pemeriksaan pungsi lumbal dan PET (positron emission tomography), yang merupakan pemerisaan skening otak khusus.
4.    Antibodi: kadar cukup tinggi (abnormal)
5.   JDL, RPR, Eletrolit, Pemeriksaan tiroid: dapat menentukan dan menghilangkan disfungsi yang dapat di obati/kambuh kembali, seperti proses penyakit metabolic, ketidakseimbangan cairan dan eletrolit, neurosifilis
6.    B12: dapat menentukan secara nyata adanya kekurangan nutrisi
7.    Tes deksamentason depresan (DST): utnuk menangani depresi
8.    EKG: mungkin tanpak normal, perlu untuk menentukan adanya insufisiensi jantung
9.    EEG: mungkin normal atau memperlihatkan beberapa gelombang (membantu dalam menciptakan kelainan kotak yang masih dapat diatasi)
10.  Sinar X tengkorak: biasanya normal
11.  Tes penglihatan atau pendengaran: untuk menemukan adanya penurunan (kehilangan) yang mungkin disebabkan oleh/kontribusi pada disorientasi, alam perasaan yang melayang, perubahan persepsi sensori (salah satu dari gangguan kognitif)
12.  Scans otak, seperti PET, BEAM, MRI: dapat memperlihatkan daerah otak yang mengalami penurunan metabolism yang merupakan karakteristik dari DAT.
13.  Scan CT: dapat memperlihatkan adanya ventrikel otak yang melebar, adanya atrofik kortikal
14.   CCS: munculnya protein abnormal dari sel otak sekitar 90% merupakan indikasi adanya DAT.

H.  Penatalaksanaan
1.   Cholinergic-enhancing agents
Untuk terapi demensia jenis Alzheimer, telah banyak dilakukan penelitian. Pemberian cholinergic-enhancing agents menunjukkan hasil yang lumayan pada beberapa penderita; namun demikian secara keseluruhan tidak menunjukkan keberhasilan sama sekali. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa demensia alzheimerntidak semata-mata disebabkan oleh defisiensi kolinergik; demensia ini juga disebabkan oleh defisiensi neurotransmitter lainnya. Sementara itu, kombinasi kolinergik dan noradrenergic ternyata bersifat kompleks; pemberian obat kombinasi ini harus hati-hati karena dapat terjadi interaksi yang mengganggu sistem kardiovaskular.
2.   Cholinedan lecithin
Defisit asetilkolin di korteks dan hipokampus pada demensia Alzheimer dan hipotesis tentang sebab dan hubungannya dengan memori mendorong peneliti untuk mengarahkan perhatiannya pada neurotransmitter. Pemberian prekursor, cholinedan lecithin merupakan salah satu pilihan dan memberi hasil lumayan, namun demikian tidak memperlihatkan hal yang istimewa. Dengancholine ada sedikit perbaikan terutama dalam fungsi verbal dan visual. Denganlecith in hasilnya cenderung negatif, walaupun dengan dosis yang berlebih sehingga kadar dalam serum mencapai 120 persen dan dalam cairan serebrospinal naik sampai 58 persen.
3.   Neuropeptide, vasopressin dan ACTH
Pemberian neuropetida, vasopressin dan ACTH perlu memperoleh perhatian. Neuropeptida dapat memperbaiki daya ingat semantik yang berkaitan dengan informasi dan kata-kata. Pada lansia tanpa gangguan psiko-organik, pemberian ACTH dapat memperbaiki daya konsentrasi dan memperbaiki keadaan umum.
4.   Nootropic agents
Dari golongan nootropic substances ada dua jenis obat yang sering digunakan dalam terapi demensia, ialahnicer goline dan co-dergocrine mesylate. Keduanya berpengaruh terhadap katekolamin. Co-dergocrine mesylate memperbaiki perfusi serebral dengan cara mengurangi tahanan vaskular dan meningkatkan konsumsi oksigen otak. Obat ini memperbaiki perilaku, aktivitas, dan mengurangi bingung, serta memperbaiki kognisi. Disisi lain,nicergoline tampak bermanfaat untuk memperbaiki perasaan hati dan perilaku.

5.   Dihydropyridine
Pada lansia dengan perubahan mikrovaskular dan neuronal, L-type calcium channels menunjukkan pengaruh yang kuat. Lipophilic dihydropyridine bermanfaat untuk mengatasi kerusakan susunan saraf pusat pada lansia. Nimodipin bermanfaat untuk mengembalikan fungsi kognitif yang menurun pada lansia dan demensia jenis Alzheimer. Nimodipin memelihara sel-sel endothelial/kondisi mikrovaskular tanpa dampak hipotensif; dengan demikian sangat dianjurkan sebagai terapi alternatif untuk lansia terutama yang mengidap hipertensi esensial.

I.  Pencegahan dan Perawatan
        Hal yang dapat kita lakukan untuk menurunkan resiko terjadinya demensia diantaranya adalah menjaga ketajaman daya ingat dan senantiasa mengoptimalkan fungsi otak, seperti :
1.        Mencegah masuknya zat-zat yang dapat merusak sel-sel otak seperti alkohol dan zat adiktif yang berlebihan
2.        Membaca buku yang merangsang otak untuk berpikir hendaknya dilakukan setiap hari.
3.        Melakukan kegiatan yang dapat membuat mental kita sehat dan aktif
·         Kegiatan rohani & memperdalam ilmu agama.
·         Tetap berinteraksi dengan lingkungan, berkumpul dengan teman yang memiliki persamaan minat atau hobi
4.  Mengurangi stress dalam pekerjaan dan berusaha untuk tetap relaks dalam  kehidupan sehari-hari dapat membuat otak kita tetap sehat.
BAB III
ASUHAN KEPERAWATAN

A. PENGKAJIAN
  1. Identitas
Identitas klien meliputi nama, umur, jenis kelamin, suku bangsa/latar belakang kebudayaan, status sipil, pendidikan, pekerjaan dan alamat.
  1. Keluhan utama
Keluhan utama atau sebab utama yang menyebbkan klien datang berobat (menurut klien dan atau keluarga). Gejala utama adalah kesadaran menurun.
  1. Faktor predisposisi
Menemukan gangguan jiwa yang ada sebagai dasar pembuatan diagnosis serta menentukan tingkat gangguan serta menggambarkan struktur kepribadian yang mungkin dapat menerangkan riwayat dan perkembangan gangguan jiwa yang terdapat. Dari gejala-gejala psikiatrik tidak dapat diketahui etiologi penyakit badaniah itu, tetapi perlu dilakukan pemeriksaan intern dan nerologik yang teliti. Gejala tersebut lebih ditentukan oleh keadaan jiwa premorbidnya, mekanisme pembelaaan psikologiknya, keadaan psikososial, sifat bantuan dari keluarga, teman dan petugas kesehatan, struktur sosial serta ciri-ciri kebudayaan sekelilingnya. Gangguan jiwa yang psikotik atau nonpsikotik yang disebabkan oleh gangguan jaringan fungsi otak. Gangguan fungsi jaringan otak ini dapat disebabkan oleh penyakit badaniah yang terutama mengenai otak (meningoensephalitis, gangguan pembuluh darah ootak, tumur otak dan sebagainya) atau yang terutama di luar otak atau tengkorak (tifus, endometriasis, payah jantung, toxemia kehamilan, intoksikasi dan sebagainya).
  1. Pemeriksaan fisik
Kesadran yang menurun dan sesudahnya terdapat amnesia. Tensi menurun, takikardia, febris, BB menurun karena nafsu makan yang menurun dan tidak mau makan.
5.   Psikososial
a.       Genogram Dari hasil penelitian ditemukan kembar monozigot memberi pengaruh lebih tinggi dari kembar dizigot .

2.    Diagnosa Keperawatan
a.       Perubahan proses pikir
b.      kemunduran daya ingat
c.       Resiko jatuh
d.      Resiko nutrisi/cairan kurang dari kebutuhan tubuh
e.      Penatalaksanaan regimen terapiotik tidak efektif




















3.    Intervensi
DX Perubahan  Proses Pikir.
Tangal/jam
TUM
TUK
Intervensi

Klien tidak mengalami gangguan proses pikir.
Tuk 1.
Setelah di lakukan pertemuan selama 4X15 menit selama 6 jam, di harapakan klien dapat membina hubungan saling percaya dengan kreteria hasil :
Klien menunjukan rasa senang ekpresi wajah bersahabat mau berjabat tangan ada kontak mata, mau berjabat tangan, mau dudk berdampingan



Tuk 2.
Setelah dilakukan pertemuan 2X15 menit selama 6 jam dalam 1 pekan klien mampu mengenal/berorientasi terhadap waktu orang dan tempat dengan kreteria hasil: klien mamapu menyabutkan mana orang yang ada di sekitarnya, klien mampu menyabutkan hari dan tempat yang di kunjunginya.








Tuk3.
Setelah dilakukan pertemuan 2X15 menit selama 6 jam dalam 1 pekan Pasien mampu melakukan aktiftas sehari-hari secara optimal dengan keteria hasil pasien mampu memenuhi kebutuhan sehari-harinya secara mandiri.









Tuk 4.
Setelah dilakukan pertemuan 2X15 menit selama 2 hari Keluarga mampu mengorientasikan pasien terhadap waktu, orang dan tempat dengan kriteria hasil keluarga mampu memberi pengarakan yang tepat tentang waktu dan tempat serta orang di sekitarnya dan keluarga mampu memberikan sikap yang terapeutuk pada klien













Tuk 5.
Setelah dilakukan pertemuan 2X15 menit selama 1 pekan keluarga dapat Menyediakan sarana yang dibutuhkan pasien untuk melakukan orientasi realitas dengan kriteria hasil: klien padat /mampu hal-hal atau sesuatu yang pernah atau sedang di alaminya



Tuk 6.
Setelah dilakukan pertemuan 2X15 menit selama 1 pekan keluarga mampu Membantu pasien dalam melakukan aktiftas sehari-hari. keluarga mampu mendampingi klien dalam beraktifitas dan membimbing klien dengan baik.
Tuk 1.
a.Sapa klein dengan baik verbal maupun non verbal.
b.perkenalkan diri dengan sopan
c.jelaskan tujuan pertemuan
d.jujur dan menepati janji
e. tunjukan sifat empati dan menerima klien deangan apa adanya
f. berikan perhatian kepada klien dan perhatikan kebutuhan dasar.







Tuk 2.
a.       Beri kesempatan bagi pasien untuk mengenal barang milik pribadinya misalnya
tempat tidur, lemari, pakaian dll.
b.      Beri kesempatan kepada pasien untuk mengenal waktu dengan menggunakan
jam besar, kalender yang mempunyai lembar perhari dengan tulisan besar.
c.       Beri kesempatan kepada pasien untuk menyebutkan namanya dan anggota
keluarga terdekat
d.      Beri kesempatan kepada klien untuk mengenal dimana dia berada.
Berikan pujian jika pasien bila pasien dapat menjawab dengan benar



Tuk 3.
e.       Observasi kemampuan pasien untuk melakukan aktifitas sehari-hari
f.       Beri kesempatan kepada pasien untuk memilih aktifitas yang dapat dilakukannya.
g.      Bantu pasien untuk melakukan kegiatan yang telah dipilihnya
h.      Beri pujian jika pasien dapat melakukan kegiatannya.
i.        Tanyakan perasaan pasien jika mampu melakukan kegiatannya.
j.        Bersama pasien membuat jadwal kegiatan sehari-hari.






Tuk 4.
a.       Keluarga mampu mengorientasikan pasien terhadap waktu, orang dan tempat
b.      Diskusikan dengan keluarga cara-cara mengorientasikan waktu, orang dan tempat
pada pasien
c.       Anjurkan keluarga untuk menyediakan jam besar, kalender dengan tulisan besar
d.      Diskusikan dengan keluarga kemampuan yang pernah dimiliki pasien
e.       Anjurkan kepada keluarga untuk memberikan pujian terhadap kemampuan yang masih dimiliki oleh pasien
f.       Anjurkan keluarga untuk memantau kegiatan sehari-hari pasien sesuai dengan jadwal yang telah dibuat.
g.      Anjurkan keluarga memberikan pujian jika pasien melakukan kegiatan sesuai dengan jadwal kegiatan yang sudah dibuat

Tuk 5.
h.      Menyediakan sarana yang dibutuhkan pasien untuk melakukan orientasi.
i.        Anjurkan keluarga untuk membantu pasien melakukan kegiatan sesuai kemampuan yang dimiliki.



Tuk 6.
j.        Membantu pasien dalam melakukan aktiftas sehari-hari.
k.      Anjurkan keluarga untuk memantu lansia melakukan kegiatan sesuai kemampuan
yang dimiliki
l.        Bantu keluarga memilih kemampuan yang dilakukan pasien saat ini



4.      Implementasi
Implementasi disesuaikan dengan intervensi

5.        Evaluasi
a.       Pasien dapat membina hubungan saling percaya.
b.      Pasien mampu mengenal/berorientasi terhadap waktu orang dan tempat.
c.       Pasien mampu meklakukan aktiftas sehari-hari secara optimal.
d.      Keluarga mampu mengorientasikan pasien terhadap waktu, orang dan tempat.
e.       Tersedianya sarana yang dibutuhkan pasien untuk melakukan orientasi realitas.
f.       Terbantunya pasien dalam melakukan aktiftas sehari-hari.















BAB IV
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Demensia merupakan sindroma yang ditandai oleh berbagai gangguan fungsi kognitif tanpa gangguan kesadaran.Demensia adalah gangguan kronis dengan awitan lambat dan biasanya berprognosis buruk. Demensia adalah keadaan dimana seseorang mengalami penurunan kemampuan daya ingat dan daya ingat dan daya pikir dan kemampuan kemampun tersebut menimbulkan gangguan terhadap fungsi kehidupan sehari-hari.Demensia dikenal sebagai keadaan organik kronika atau sindroma otak kronika atau kegagalan otak.
Laporan Departemen Kesehatan tahun 1998, populasi usia lanjut diatas 60 tahun adalah 7,2 % (populasi usia lanjut kurang lebih 15 juta). peningkatan angka kejadian kasus demensia berbanding lurus dengan meningkatnya harapan hidup suatu populasi . Kira-kira 5 % usia lanjut 65 – 70 tahun menderita demensia dan meningkat dua kali lipat setiap 5 tahun mencapai lebih 45 % pada usia diatas 85 tahun. Pada negara industri kasus demensia 0.5 –1.0 % dan di Amerika jumlah demensia pada usia lanjut 10 – 15% atau sekitar 3 – 4 juta orang.
Demensia terbagi menjadi dua yakni Demensia Alzheimer dan Demensia Vaskuler. Demensia Alzheimer merupakan kasus demensia terbanyak di negara maju Amerika dan Eropa sekitar 50-70%. Demensia vaskuler penyebab kedua sekitar 15-20% sisanya 15- 35% disebabkan demensia lainnya. Di Jepang dan Cina demensia vaskuler 50 – 60 % dan 30 – 40 % demensia akibat penyakit Alzheimer.

B.       Saran
Sebaiknya dalam pembuatan Askep lebih sering diberikan seperti ini agar kami selaku mahasiswa lebih proaktif  dan lebih mandiri pada penemuan ilmu-ilmu keperawatan.




DAFTAR PUSTAKA
1.       Kaplan dan Sadock. 1997. Sinopsis psikistri. Jakarta: Bina rupa aksara.
2.       Isaacs, Ann. 2004. Keperawatan kesehatan jiwadan psikiatrik. Jakarta: EGC.
3.       Hudak, Carolyn M. 1997. Keparawatan kritis : pendekatan holistic. Jakarta: EGC

No comments:

Post a Comment